Dikarenakan saya mulai masuk teaching practice setelah mid semeser selesai, saya melanjutkan materi yang sebelumnya dibawa oleh Dosen Pamong saya. Sebelum melakukan teaching practise di kelas, saya bersama 3 orang teman yang merupakan satu tim dibawah asuhan Dosen Pamon ini, kami melakukan banyak diskusi, apa keluhan dan kekurangan, dan mengatur jadwal, dikarenakan kami memang semuanya pekerja, bukan mahasiswa full study.
LESSON
PLAN
Nama
Dosen : Yulia R.R.
Mata Kuliah : TEFL
Jumlah SKS : 2
Semester : Ganjil 2016/2017
Pertemuan ke : 11, 12
Alokasi waktu : 4 x 50 menit
Materi Kuliah : Classroom Application on Natural Approach
Mata Kuliah : TEFL
Jumlah SKS : 2
Semester : Ganjil 2016/2017
Pertemuan ke : 11, 12
Alokasi waktu : 4 x 50 menit
Materi Kuliah : Classroom Application on Natural Approach
I.Standar Kompetensi
Mahasiswa dapat memahami prinsip pembelajaran dengan pendekatan Natural Approach
Mahasiswa dapat memahami prinsip pembelajaran dengan pendekatan Natural Approach
II. Kompetensi Dasar
1. Memahami dan memiliki pengetahuan latar tentang pendekatan Natural Approach
2. Mendeskripsikan konsep dasar dan aplikasi pendekatan Natural Approach
1. Memahami dan memiliki pengetahuan latar tentang pendekatan Natural Approach
2. Mendeskripsikan konsep dasar dan aplikasi pendekatan Natural Approach
III. Indikator keberhasilan.
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan dapat:
1. Menjelaskan latar belakang Natural Approach
2. Menjelaskan konsep dasar Natural Approach
3. Menjelaskan aplikasi pendekatan Natural Approach
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan dapat:
1. Menjelaskan latar belakang Natural Approach
2. Menjelaskan konsep dasar Natural Approach
3. Menjelaskan aplikasi pendekatan Natural Approach
IV. Materi Ajar
Classroom Procedure
– Preparation
– Teaching and Learning Activity
– Evaluation
Classroom Procedure
– Preparation
– Teaching and Learning Activity
– Evaluation
V. Strategi Pembelajaran
1. Presentasi kelompok
2. Tanya jawab/diskusi
1. Presentasi kelompok
2. Tanya jawab/diskusi
VI. Tahap Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
1. Dosen memberi penjelasan arah presentasi dan diskusi
A. Kegiatan Awal
1. Dosen memberi penjelasan arah presentasi dan diskusi
B.
Kegiatan Inti
1. Presentasi kelompok yang mendapat giliran maju ke depan kelas
2. Kelompok lain merespon dengan bertanya
3. Dosen sebagai fasilitator, menampung permasalahan dan mereview hasil diskusi
1. Presentasi kelompok yang mendapat giliran maju ke depan kelas
2. Kelompok lain merespon dengan bertanya
3. Dosen sebagai fasilitator, menampung permasalahan dan mereview hasil diskusi
C.
Kegiatan akhir
Dosen membuat rangkuman hasil diskusi, dan memberikan tugas untuk pertemuan berikutnya
Dosen membuat rangkuman hasil diskusi, dan memberikan tugas untuk pertemuan berikutnya
VII.
Alat dan sumber
A. Alat / media : LCD, laptop
B. Sumber relajar :
1. Brown, H. Douglas. Teaching by Principles. Second Edition. San Francisco ; Longman. 2001
2. Krashen, D. Stephen and Tracy D. Terrel. The Natural Approach.New Jersey: Regent Prentice Hall. 1986.
A. Alat / media : LCD, laptop
B. Sumber relajar :
1. Brown, H. Douglas. Teaching by Principles. Second Edition. San Francisco ; Longman. 2001
2. Krashen, D. Stephen and Tracy D. Terrel. The Natural Approach.New Jersey: Regent Prentice Hall. 1986.
3.
Larsen-Freeman, Diane. Techniques and Principles in Language Teaching. Oxford:
Oxford university Press. 1986
VIII. Evaluasi
1. Partisipasi mahasiswa dalam diskusi kelas
2. Makalah kelompok
1. Partisipasi mahasiswa dalam diskusi kelas
2. Makalah kelompok
Lebih lengkap untuk pertemuan 1-17 disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar