Rabu, 02 November 2016

[Lesson Plan] TEFL


Dikarenakan saya mulai masuk teaching practice setelah mid semeser selesai, saya melanjutkan materi yang sebelumnya dibawa oleh Dosen Pamong saya. Sebelum melakukan teaching practise di kelas, saya bersama 3 orang teman yang merupakan satu tim dibawah asuhan Dosen Pamon ini, kami melakukan banyak diskusi, apa keluhan dan kekurangan, dan mengatur jadwal, dikarenakan kami memang semuanya pekerja, bukan mahasiswa full study. 

LESSON PLAN

Nama Dosen              : Yulia R.R.
Mata Kuliah                : TEFL
Jumlah SKS                 : 2
Semester                    : Ganjil 2016/2017
Pertemuan ke            : 11, 12
Alokasi waktu            : 4 x 50 menit
Materi Kuliah             : Classroom Application on Natural Approach

I.Standar Kompetensi
Mahasiswa dapat memahami prinsip pembelajaran dengan pendekatan Natural Approach

II. Kompetensi Dasar
1. Memahami dan memiliki pengetahuan latar tentang pendekatan Natural Approach
2. Mendeskripsikan konsep dasar dan aplikasi pendekatan Natural Approach

III. Indikator keberhasilan.
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan dapat:
1. Menjelaskan latar belakang Natural Approach
2. Menjelaskan konsep dasar Natural Approach
3. Menjelaskan aplikasi pendekatan Natural Approach

IV. Materi Ajar
Classroom Procedure
– Preparation
– Teaching and Learning Activity
– Evaluation

V. Strategi Pembelajaran
1. Presentasi kelompok
2. Tanya jawab/diskusi

VI. Tahap Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
1. Dosen memberi penjelasan arah presentasi dan diskusi

B. Kegiatan Inti
1. Presentasi kelompok yang mendapat giliran maju ke depan kelas
2. Kelompok lain merespon dengan bertanya
3. Dosen sebagai fasilitator, menampung permasalahan dan mereview hasil diskusi

C. Kegiatan akhir
Dosen membuat rangkuman hasil diskusi, dan memberikan tugas untuk pertemuan berikutnya

VII. Alat dan sumber
A. Alat / media : LCD, laptop
B. Sumber relajar :
1. Brown, H. Douglas. Teaching by Principles. Second Edition. San Francisco ; Longman. 2001
2. Krashen, D. Stephen and Tracy D. Terrel. The Natural Approach.New Jersey: Regent Prentice Hall. 1986.
3. Larsen-Freeman, Diane. Techniques and Principles in Language Teaching. Oxford: Oxford university Press. 1986

VIII. Evaluasi
1. Partisipasi mahasiswa dalam diskusi kelas
2. Makalah kelompok

Lebih lengkap untuk  pertemuan 1-17 disini
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar