Selasa, 08 November 2016

[Lesson Plan] Filsafat Ilmu



Lesson Plan ini dibuat sebagai rujukan saya ketika mengikuti teaching practice yang diwajibkan kepada mahasiswa semester 3 di sela-sela mengikuti sisa mata kuliah dan penyusunan thesis guna menyelesaikan program studi magister pendidikan bahasa inggris di Pasca UHN Pematangsiantar.  

LESSON PLAN


Nama Dosen              : Yulia R.R.
Mata Kuliah                : Filsafat Ilmu
Jumlah SKS                 : 2
Semester                    : Ganjil 2016/2017
Pertemuan ke            : 11
Alokasi waktu            : 1 x 45 menit
Materi Kuliah             : Ontologi, epistemologi, dan aksiologi pengetahuan filsafat 

I.Standar Kompetensi
Mahasiswa dapat menerapkan filsafat ilmu sebagai landasan berfikir

II. Kompetensi Dasar
1. Memahami pengetahuan filsafat

III. Indikator keberhasilan.
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan dapat:
1. Memahami Ontologi pengetahuan filsafat 
2. Memahami epistemologi pengetahuan filsafat
3. Memahami aksiologi pengetahuan filsafat

IV. Materi Ajar
Classroom Procedure
– Preparation
– Teaching and Learning Activity
– Evaluation

V. Strategi Pembelajaran
1. Tanya jawab
2. Curah pendapat
3. Presentasi

VI. Tahap Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
1.      Dosen memberikan ilustrasi tentang bagaimana Pengetahuan filsafat
2.      Mahasiswa diberikan kesempatan untuk  menjawab dan mendefinisikan Pengetahuan filsafat. 
3.      Dosen menyampaikan tujuan dan pentingnya perkuliahan.
4.      Dosen menyampaikan kompetensi dasar dan  indikator.

B. Kegiatan Inti
1.      Dosen memberikan penjelasan umum tentang  pengetahuan filsafat yang merupakan bagian dari jenis pengetahuan.
2.      Dosen menjelaskan tentang ontologi, epistemologi, dan aksiologi pengetahuan filsafat 
3.      Dosen melakukan evaluasi dan penugasan.

C. Kegiatan akhir
1.      Menyimpulkan materi tentang pengetahuan filsafat
2.      Melakukan refleksi terhadap proses dan materi perkuliahan
3.      Dosen memberikan dorongan psikologis tentang tujuan dan manfaat pengetahuan filsafat
4.      Dosen meminta mahasiswa untuk membaca dan membuat rangkuman mengenai pengetahuan filsafat dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya


VII. Alat dan sumber
A. Alat / media :
LCD, laptop

B. Sumber Belajar :
1.      Surajiyo. 2010. Filsafat Ilmu dan Perkembangan di Indonesia. Jakarta: Bumi Putra.
2.      Jujun S. Sumantri. 2003. Filsafat Ilmu, Sebuah Pengantar Popular. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
3.      Tim Dosen Filsafat Ilmu UGM. 2001. Filsafat Ilmu. Yogyakarta; Liberty.
4.      Ahmad Tafsir. Filsafat Ilmu: Mengurai Ontologi, Epistimologi, dan Aksiologi Pengetahuan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
5.      Jerome R. Ravertz. 2008. Filsafat Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
6.      Redja Mudyahardjo. 2008. Filsafat Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.  
7.      C. Verhaat & R. Haryono Imam. 1989. Filsafat Ilmu Pendidikan. Jakarta: Gramedia

VIII. Evaluasi
1. Partisipasi mahasiswa dalam diskusi kelas
2. Makalah kelompok

Lebih lengkap untuk  pertemuan 1-17 disini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar