Lesson Plan ini dibuat sebagai rujukan saya ketika mengikuti teaching
practice yang diwajibkan kepada mahasiswa semester 3 di sela-sela mengikuti
sisa mata kuliah dan penyusunan thesis guna menyelesaikan program studi
magister pendidikan bahasa inggris di Pasca UHN Pematangsiantar.
LESSON PLAN
Nama Dosen : Yulia R.R.
Mata Kuliah : Filsafat Ilmu
Jumlah SKS : 2
Semester : Ganjil 2016/2017
Pertemuan ke : 11
Alokasi waktu : 1 x 45 menit
Materi Kuliah : Ontologi, epistemologi, dan aksiologi pengetahuan filsafat
Mata Kuliah : Filsafat Ilmu
Jumlah SKS : 2
Semester : Ganjil 2016/2017
Pertemuan ke : 11
Alokasi waktu : 1 x 45 menit
Materi Kuliah : Ontologi, epistemologi, dan aksiologi pengetahuan filsafat
I.Standar
Kompetensi
Mahasiswa dapat menerapkan filsafat ilmu sebagai landasan berfikir
Mahasiswa dapat menerapkan filsafat ilmu sebagai landasan berfikir
II. Kompetensi
Dasar
1. Memahami pengetahuan filsafat
1. Memahami pengetahuan filsafat
III. Indikator
keberhasilan.
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan dapat:
1. Memahami Ontologi pengetahuan filsafat
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan dapat:
1. Memahami Ontologi pengetahuan filsafat
2. Memahami epistemologi pengetahuan filsafat
3. Memahami aksiologi pengetahuan filsafat
IV. Materi Ajar
Classroom Procedure
– Preparation
– Teaching and Learning Activity
– Evaluation
Classroom Procedure
– Preparation
– Teaching and Learning Activity
– Evaluation
V. Strategi
Pembelajaran
1. Tanya jawab
1. Tanya jawab
2. Curah pendapat
3. Presentasi
VI. Tahap
Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
1.
Dosen memberikan ilustrasi tentang bagaimana Pengetahuan
filsafat
2.
Mahasiswa diberikan kesempatan untuk menjawab dan mendefinisikan Pengetahuan filsafat.
3.
Dosen menyampaikan tujuan dan pentingnya perkuliahan.
4.
Dosen menyampaikan kompetensi dasar dan indikator.
B. Kegiatan Inti
1.
Dosen memberikan penjelasan umum tentang pengetahuan filsafat yang merupakan bagian
dari jenis pengetahuan.
2.
Dosen menjelaskan tentang ontologi, epistemologi, dan
aksiologi pengetahuan filsafat
3.
Dosen melakukan evaluasi dan penugasan.
C. Kegiatan akhir
1.
Menyimpulkan materi tentang pengetahuan filsafat
2.
Melakukan refleksi terhadap proses dan materi perkuliahan
3.
Dosen memberikan dorongan psikologis tentang tujuan
dan manfaat pengetahuan filsafat
4.
Dosen meminta mahasiswa untuk membaca dan membuat
rangkuman mengenai pengetahuan filsafat dan dikumpulkan pada pertemuan
berikutnya
VII. Alat dan sumber
A. Alat / media :
A. Alat / media :
LCD, laptop
B. Sumber Belajar :
1.
Surajiyo. 2010. Filsafat Ilmu dan Perkembangan di
Indonesia. Jakarta: Bumi Putra.
2.
Jujun S. Sumantri. 2003. Filsafat Ilmu, Sebuah
Pengantar Popular. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
3.
Tim Dosen Filsafat Ilmu UGM. 2001. Filsafat Ilmu.
Yogyakarta; Liberty.
4.
Ahmad Tafsir. Filsafat Ilmu: Mengurai Ontologi,
Epistimologi, dan Aksiologi Pengetahuan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
5.
Jerome R. Ravertz. 2008. Filsafat Ilmu Pendidikan.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
6.
Redja Mudyahardjo. 2008. Filsafat Ilmu Pendidikan.
Bandung: Remaja Rosda Karya.
7.
C. Verhaat & R. Haryono Imam. 1989. Filsafat Ilmu
Pendidikan. Jakarta: Gramedia
VIII. Evaluasi
1. Partisipasi mahasiswa dalam diskusi kelas
2. Makalah kelompok
1. Partisipasi mahasiswa dalam diskusi kelas
2. Makalah kelompok
Lebih lengkap untuk pertemuan 1-17 disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar